Selasa, 13 September 2016

Islam Adalah Kedamaian

0 Comments
Sumber : Icrp-online.org
Sahabat Muslim yang dirahmati llah SWT.

Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman :

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak pula mengusir kamu dari negrimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat adil” (Q.S Al-Maidah : 8)

          Sahabat Muslim, dalam era sekarang ini, dunia semakin tua, semakin lemah dan semakin mendekat hari akhir kehidupan. Dalam duni islam sekarang ini, telah muncul berbagai pandangan dan ideologi  yang ekstrem yang menimbulkan banyak orang  beranganggapan  bahwa agama islam adalah agama yang menyebabkan kekacauan, kebencian, dan kehancuran di dunia. Minoritas Muslim memang ada yang memiliki ideology yang berbeda  yang menyimpulkan ajaran islam hanya sepenggalan saja, yang memaknai ajaran islam tidak sesuai dengan maksud islam itu sendiri. Selain itu, kelompok-kelompok yang menghancurkan nama islam, misalnya ISIS yang berkedok Islam, mengatasnamakan islam, tetapi ternyata apa yang dilakukannya sama sekali tidak mencerminkan islam, justru mereka adalah orang-orang yang menyudutkan agama  islam, membuat islam dimata dunia menjadi buruk. Kita sebagai Muslim yang mengerti tentang ajaran islam, yang mengetahui bahwa asal kata islam adalah dari kata “Salam” yang berarti “Kedamaian” harus lebih berhati-hati dalam bertindak dalam berbuat apa pun, jagan sampai kita malah berbuat kerusakan, kehancuran, dan menebar kebencian didunia.

          Mayoritas orang setelah munculnya ISIS yang mengatasnamakan islam tetapi menebar terror dimana-mana menjadi beranganggap bahwa islam adalah penyebab mereka melakukan semua ini, ada yang beranggapan bahwa islam mengajarkan umatnya untuk membunuh dan memerangi orang yang berbeda agama. Tetapi pada kenyataannya itu adalah salah besar. Islam tak pernah mengajarkan bahwa Muslim harus memerangi oranang-orang kafir, tetapi islam justru mengajarkan kepada umatnya untuk tidak menyakiti dan memerangi orang kafir yang tidak mengganggu. Bahkan islam mengajarkan umatnya untuk melindungi orang-orang kafir yang meminta perlindungan. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an :

“Dan jika seseorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah dia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkanmereka kaum yang tidak mengetahui” (Q.S At-Taubah : 6)

          Dalam penggalan dua ayat diatas menegaskan bahwasaya islam adalah agama yang membawa kedamaian, islam adalah agama yang mengajarkan umatnya untuk saling toleransi terhadap orang-orang yang beragama lain, Islam mengajarkan umatnya untuk bisa berbuat baik kepada orang lain sekalipun itu orang kafir selagi mereka tidak mengganggu kita, kita dilarang untuk mengganggunya. Jika mereka memulai perang terlebih dahulu, maka kita diperbolehkan untuk memeranginya dengan maksud untuk membela agama Allah bukan berarti Islam adalah agama yang menyukai perang.

"Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS. Al-Baqarah: 190)[1]

          Al-Qur’an memperbolehkan umatnya untuk memerangi orang-orang kafir yang memerangi umat islam, hal itu bertujuan untuk membela agama Allah, tetapi islam pun melarang untuk memeranginya secara berlebihan, karena berlebihan adalah sifat dari syaithon.

Referensi :

Mansur, Suf’at. 2012. Toleransi Dalam Agama Islam. Yogyakarta : Harapan Kita.


Penulis

SUKARMAN


Anak asuh Yayasan Kemaslahatan Umat Yogyakarta dan Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top