Jumat, 22 Juli 2016

Jujur Akhlaq yang Terpuji

0 Comments
Sumber : kisahimuslim.blogspot.com
Sahabat Muslim yang dirahmati Allah SWT,

Sifat Jujur merupakan sifat yang mulia dan terpuji. Nabi kita Muhammad SAW pun telah mencontohkan kepada kita umtnya untuk selalu  berkata dengan jujur dan benar. Karena sifat jujurnya Nabi Muhammad SAW itu pun, beliau dijuluki “Al Amin” yaitu orang yang dapat dipercaya. Tidak ada satu katapun yang keluar dari mulut beliau yang sia-sia apalagi kebohongan dan dusta.

Makannya, sifat jujur ini harus bisa kita tanamkan sejak dini, bagi orang tua yang mempunyai  anak, tanamkanlah sifat jujur sejak dini, karena jika bisa demikian, maka anak tersebut ketika dewasanya akan terbiasa berkata dengan jujur walaupun itu akan mendatangkan musuh bagi dirinya, sebaliknya jika sifat jujur tidak ditanamkan sejak dini, maka sejak kecilpun sampai dewasa nanti, anak tersebut tidak terbiasa berkata dengan jujur.

Kejujuran juga akan menghantarkan kita kepada surga, seperti halnya sebuah hadis yang meriwayatkan :

“Hendaklah kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan dan kebaikan akan membawa kedalam surge.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Selain itu jika kita selalu berkata dan berperilaku jujur, maka kita akan menjadi golongan orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT dan Rosul-Nya.

“Barangsiapa ingin dicintai Allah dan Rosul-Nya hendaklah dia berbicara benar (jujur), menepati amanat dan tidak mengganggu tetangganya.” (H.R Al Baihaqi)

Dalam hadis tersebut sudah jeas, bahwasanya Allah dan Rosulullah SAW akan mencintai orang-orang yang selalu memegang teguh sifat jujur, baik itu dalam perkataan maupun perbuatan yang dilakukan, semua itu harus sesuai dengan hati nurani kita. Sebaliknya orang yang sering berbohong atau tidak jujur, maka Allah akan melaknatnya dan menempatkannya kedalam neraka jahannam. Na’udzubillah.

Terkadang jika kita dalam keadaan genting, yang dimana jika kita berkata jujur, maka kita akan mendapatkan kesusahan. Tetapi, percayalah bahwasanya jujur itu akan mengantarkan kita kedalam ketenangan. Jujur akan membuat hati dan jiwa kita menjadi tenang. Seperti sebuah hadis yang meriwayatkan :

“Maka kejujuran itu akan membawa ketenangan” (H.R Tirmidzi)

Semoga Allah SWT selalu menguatkan hati dan jiwa kita untuk selalu jujur, karena dengan kejujuran itulah yang akan mengantarkan kita kedalam Surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan yang kekal nan abadi. Aamiin.

Lahaula wala quwata illa billahil’aliyyil ‘adhim.


Sumber :

Hidayat, Soleh. 2011. Kumpulan Hadis Tentang Akhlaq Terpuji. CV Megah Jaya


Penulis

SUKARMAN

Anak asuh Yayasan Kemaslahatan Umat Yogyakarta dan Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top