Minggu, 02 Oktober 2016

Pentingnya Shalat Jamaah

0 Comments
Sumber : Manhajuna.com

Sahabat Muslim yang dirahmati Allah,

            Pentingnya shalat berjamaah, Allah SWT memerintahkan kita untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman :

“dan apabila kamu berada ditengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) bersamamu” (Q.S An-nisa ; 4)

            Shalat berjamaah merupakan perintah yang sangat istimewa bagi kita umat islam. Komparasinya dengan shalat yang hanya dilakukan sendirian (munfarid) dengan shalat berjamaah sangatlah jauh. Jika kita melaksanakan shalat hanya sendirian (munfarid), maka kita hanya akan mendapatkan 1 fadhilah (derajat), sedangkan jika kita melaksanakan shalat secara berjamaah, maka fadhilah yang akan kita dapatkan adalah 27 derajat.

            Seperti sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Umar secara marfu’ :

“Shalat jamaah lebih afdhol daripada shalat sendirian dengan tingkat kefadhilahan 27 derajat “ (H.R.Muttafaqun alaih)

            Rosulullah SAW sangat menganjurkan kita umatnya untuk selalu melaksanakan shalat secara berjamaah, bahkan ketika ada seorang laki-laki buta yang sulit untuk pergi ke masjid, tetapi ketika ia masih mendengar suara adzan, maka ia tetep diperintahkan untuk shalat berjamaah di Masjid.

Seperti sebuah hadis narasi dari Abu Hurairah Ra, bahwasanya laki-laki tunanetra datang menghadap Rosulullah SAW lalu ia berkata “Wahai Rosulullah, aku tidak memiliki penuntun yang mau menuntunku pergi kemasjid.” Lalu ia meminta diberi keringanan (untuk tidak ikut shalat berjamaah di masjid Nabi), Nabi pun memberinya keringanan. Namun begitu ia membalikkan badan, beliau langsung memanggilnya dan berkata kepadanya, “Apakah kau mendengar panggilan” ia menjawab “Ya”, Beliau menukas, “kalau begitu penuhilah (panggilan adzan)” (H.R.Muslim).

Jika tunanetra saja tetap diperintahkan oleh Rosulullah SAW untuk melaksanakan shalat berjamaah, maka kita yang Alhamdulillah diberikan Allah kesempurnaan (fisik), pastilah kita harus melaksanakan shalat secara berjamaah. Hal ini dimaksudkan tidak lain adalah betapa pentingnya shalat berjamaah itu sendiri.  shalat berjamaah mengandung nilai pembiasaan diri untuk patuh, bersabar, berani, dan tertib aturan, disamping itu niali sosial kemasyarakatan akan semakin kuat.

semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kemudahan dan kekuatan untuk bisa melaksanakan shalat berjamaah, sehingga kita akan mendapatkan kefadhilahan yang lebih besar daripada kefadhilahan kita yang hanya shalat sendirian(munfarid). Aamiin


Referensi :

Prof.Dr. Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Prof.Dr. Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. 2009. Fiqih Ibadah. Jakarta : Amzah.



Penulis

SUKARMAN

Anak asuh Yayasan Kemaslahatan Umat Yogyakarata dan Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top