Selasa, 06 Februari 2018

Islam Itu Ramah

0 Comments

Sahabat Muslim yang dirhamati Allah,

Islam merupakan agama pembawa kedamaian, sesuai dengan namanya islam memiliki arti “keselamatan” atau “Kedamaian”. Keselamatan dan kedamaian untuk siapa? Tentu saja untuk kita para penganutnya kaum muslimin wal muslimat yang senantiasa beriman dan beramal saleh tiada hentinya.

Karena islam merupakan agama yang membawa kedamaian, kita sebagai seorang muslim harus bisa mencerminkan sifat kedamaian itu, salah satunya dengan memiliki budi pekerti yang baik.

Dalam sebuah hadis juga dijelaskan bahwasanya seorang yang mempunyai keimanan yang sempurna adalah seorang mukmin yang memiliki budi pekerti baik.

“Paling sempurna iman seorang mukmin adalah paling baik budi pekertinya” (H.R.Tirmidzi)

Dalam hadis diatas kita bisa melihat bahwasanya keimanan itu tidak hanya sekedar percaya dan meyakini dalam hati saja, namun juga harus tercermin kedalam perilaku dan budi pekerti. Jangan sampai ada orang yang mengaku beriman namun memiliki akhlaq yang buruk. Tentu saja hal itu mencerminkan keimanan seseorang itu perlu dipertanyakan.

Budi pekerti yang harus kita miliki sangatlah bayak, karena Rasulullah SAW pun mengajarkan pengikutnya untuk memiliki budi pekerti yang baik, salah satunya bersikap ramah kepada siapa pun. Sifat ramah merupakan salah satu akhlaq terpuji  Rasulullah SAW yang sudah seharusnya kita bisa meneladani sifat itu. Dengan sifat ramah ini, kita bisa menjadi contoh kepada orang yang menganut agama lain dengan membuktikan bahwa agama islam itu bukanlah agama keras ataupun agama teroris, namun islam adalah agama yang penuh dengan kedamaian dan dikelilingi oleh orang-orang  ramah dan penuh kasih sayang. Misalnya kita harus bisa saling toleransi antar umat Bergama dan tetap bersikap ramah terhadap orang non muslim, dalam keluarga kita diperintahkan untuk menghormati kedua orang tua dan bersikap ramah terhadap saudara-saudara kita, dalam lingkungan sekolah kita diajarkan untuk patuh dan menghormati guru dan berbuat baik kepada teman-teman kita disekolah, dan dalam bidang kehidupan lainnya sifat ramah pun perlu untuk kita miliki. Karena jika kita tidak memiliki sifat ramah, maka tidak bisa masuk kedalam golongan orang islam yang ramah, seperti sebuah hadis :

“Bukanlah termasuk golongan kami (islam), orang yang tidak menyayangi yang muda dan tidak menghormati yang tua” (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti bertemu dengan orang yang lebih tua dari kita, dalam hadis diatas menunjukkan  bahwasanya menjadi seroang muslim yang baik adalah yang bisa menghormati orang yang lebih tua, sperti tidak membentak, tidak berbicara keras, bersikap sopan, dan menuruti perintah mereka jika itu memang dalam hal yang baik. Selain itu adab terhadap orang yang lebih muda kita diperintahkan untuk memberikan kasih sayang dan bersikap ramah terhadap mereka, jangan sampai malah kita merasa lebih hebat karena sudah lebih dewasa dari mereka.

Jika kita telah memiliki sifat ramah, maka bukan hanya orang-orang yang menyukai dan menyenangi kita, namun Allah SWT juga sangat mencintai orang-orang yang bersikap ramah, seperti sebuah hadis yang menjelaskan :

“Sesungguhnya Allah itu rmah dan lunak, Dia suka kepada keramahan dalam segala urusannya” (H.R. Muttafaqun ‘alaih)

Selain itu dihadis lain juga dijelaskan :

“barangsiapa ingin dicintai Allah dan RasulNya, hendaklah ia berbicara jujur (benar), menepati amanat dan tidak mengganggu tetangganya” (H.R Al-Baihaqi)

Dalam hadis diatas penulis ingin menggaris bawahai, bahwasanya Allah mencintai orang-orang yang ramah, lemah lembut, dan memiliki kasih saying terhadap sesamanya. Selain itu kita juga dilarang untuk berbuat ulah maupun mengganggu orang lain, seperti tetangga, teman dan semua orang.

Referensi :

Hidayat, Soleh. 2011. Kumpulan Hadis Tentang akhlak Terpuji.  Jakarta : CV Megah Jaya.


Penulis

SUKARMAN

Anak asuh Yayasan Kemaslahatan Umat Yogyakarta dan Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Sunan kalijaga Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top